Jadwal Sholat

NERACA LAJUR


1. Pengertian Neraca Lajur
Dalam akuntansi kita mengenal tiga proses kegiatan akuntansi yaitu:
1. Mencatat transaksi-transaksi dalam jurnal
2. Mempostsing dari jumal ke buku besar1
3. Menyusun neraca saldo
Penyusunan neraca saldo biasanya dilakukan pada tiap-tiap akhir bulan
atau pada akhir periode akuntasi. Saldo-saldo ini merupakan ringkasan dari
akibat-akibat transaksi yang telah dicatat dalam suatu periode akuntansi. Seperti
kita ketahui bahwa salah satu tujuan pembuatan neraca saldo adalah untuk
mempersiapkan penyusunan laporan-laporan keuangan.


Sebelum menyusun laporan keuangan dari neraca saldo perlu diteliti lebih
dahulu apakah saldo dari tiap-tiap rekening sudah menunjukkan keadaan yang
benar sebab ada rekening-rekening yang sudah siap untuk dicantumkan dalam
laporan keuangan dan adapula yang harus disesuaikan lebih dahulu. Dengan
melaksanakan penyesuaian maka rekening-rekening riil akan menunjukkan saldo
yang tepat per tanggal neraca, begitu pula halnya dengan rekening-rekening
nominal akan menunjukkan saldo yang tepat untuk periode yang bersangkutan.
Dalam perusahaan yang kecil dinama jumlah rekening yang ada dalam
buku besar tidak begitu banyak maka penyusunan laporan keuangannya dapat
dilakukan dengan cara langsung dari neraca saldo yang telah disesuaikan. Tetapi
dalam perusahaan-perusahaan yang memiliki rekening yang begitu besar yang
banyak jumlahnya, penyusunan laporan keuangan secara langsung dari neraca
saldo yang telah disesuaikan tidaklah mudah.
Cara yang demikian tidak jarang menimbulkan kesalahan dalam
menyusun laporan-laporan keuangan dan apabila diketahui telah terjadi
kesalahan maka usaha untuk mencari letak kesalahannya sering kali
membutuhkan waktu yang lama. Oleh karena itu agar penyusunan laporan
keuangan dapat dilakukan dengan teliti dibutuhkan suatu alat yang disebut
neraca lajur.
Sebagaimana telah dijelaskan diatas bahwa semua perkiraan yang ada
dalam neraca saldo harus diadjust agar supaya dapat memberikan gambaran
yang wajar, sehingga apabila laporan keuangan itu disusun tidak akan
mengelirukan pembacanya.
Neraca lajur adalah suatu kertas yang berkolom-kolom atau berlajur-lajur
yang direncanakan secara khusus untuk menghimpun semua data-data akuntansi
yang dibutuhkan pada saat perusahaan akan menyusun laporan keuangan
dengan cara sistematis.2
Sebenarnya neraca lajur lebih tepat disebut kertas kerja yang digunakan
sebagai alat pembantu dalam menyusun laporan keuangan. Neraca lajur bukan
merupakan bagian dari catatan akuntansi yang formal dan karena sifatnya tidak
formal maka penyusunannya dapat juga dilakukan dengan menggunakan pensil
sehingga mudah dikoreksi apabila tetjadi kesalahan.

Download File Lengkap

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes