Jadwal Sholat

Organisasi Sebagai Sebuah Sistem Aktivitas



Tujuan Pembelajaran

1.       Memahami bagaiman organisasi mendefinisikan tujuan tujuannya dan menggunakan sasaran-sasaran tersebut untuk mendefinisikan prioritas-prioritas operasi.

2.       Menggambarkan keuntungan dari urutan-urutan aktivitas dalam rantai nilai

3.       Menjelaskan bagaimana pengukuran kinerja membantu anggota organisasi memanage rantai nilai

4.       Menjelaskan proses penurunan kos apabila organisasi berfokus pada kinerja aktivitas

Tujuan Pembelajaran 1





Pendefinisian tujuan organisasi menjadi prioritas-prioritas operasi

Strategi berkaitan dengan pemilihan konsumen target dan memutuskan bagaimana akan melayani konsumen tersebut.
*        Organisasi yang berorientasi pada laba biasanya mempunyai tujuan mencapai target ROI atau EPS.
*        Organisasi yang berorientasi tidak pada laba biasanya mempunyai tujuan manfaat yang diciptakan untuk melayani

Elemen-elemen Perencanaan Stratejik


The chosen or Target Customer
The pool of Potential Customer
Target Customers' Objectives
Organization Objectives
Process Design and Objective
Partner
Community
Employee
   
Tidak ada organisasi yang dapat mencapai tujuan utamanya sendiri. Organisasi yang berorientasi pada laba membutuhkan pemegang saham (pemilik) yang menyediakan modal. Demikian juga untuk organisasi non laba.

Tiga Tingkatan Strategi

1.       Organizational-Level Strategy Making
Merupakan aktivitas pemilihan bisnis apa yang akan dimasuki oleh organisasi.
2.       Business-Level Strategy Making
Berarti pemilihan konsumen target organisasi.
Usahakan "Fix it right the first time, on time, at a competitive price in convenient location"
Kebutuhan setiap konsumen berbeda maka perlu didekati dengan cara yang berbeda. Kebutuhan akan konsumen target organisasi mencerminkan keseimbangan antara keinginan konsumen potensial dan kepercayaan organisasi bahwa organisasi bisa memenuhi keinginan konsumen
3.       Operational-Level Strategy Making
Mencerminkan cara organisasi menindak lanjuti strategi level bisnis

Sifat dan Peranan Strategi

The chosen or Target Customer
The pool of Potential Customer
Target Customers' Objectives
Organization Objectives
Process Design and Objective
Partner
Community
Employee
Proses perencanaan stratejik menselaraskan sasaran antara pemilik organisasi, kebutuhan dari konsumen yang bervariasi, skill dan kapabilitas tenaga kerja, dan kontribusi rekanan bisnis potensial. Lihat gambar di atas

Tujuan Pembelajaran 2


 



Organisasi Sebagai Sebuah Urutan Aktivitas atau Rantai Nilai

Perlu diperhatikan bagaimana organisasi mengorganisir dan memanage urutan aktivitas membuat dan mengirimkan barang kepada konsumen. Urutan aktivitas semacam ini dinamakan rantai nilai (value chain).

Bagaimana aktivitas didefinisikan?
Sebuah aktivitas adalah sebuah unit kerja, atau tugas dengan tujuan tertentu. Aktivitas penting karena aktivitas menciptkan kos (atau dengan kata lain kos adalah konsekuensi dari aktivitas yang dilakukan).
Aktivitas dalam rantai nilai dapat digolongkan menjadi 4, seperti yang nampak pada gambar berikut:

Customer Management Activities

What does the customer want?
Inovation Activities

What Product are developd to meet the Customer requirements?
Operation Activities

How are we to make and deliver the product to Customers
Service Activities


After Sales Service
 






Perlu diperhatikan kualitas dan pelayanan (quality and service)

Organisasi dan Proses Pengendalian

Pengendalian organisasi adalah proses penjaminan bahwa organisasi berada di jalur pencapaian tujuan. Pengendalian organisasi mencakup:
1.       Spesifikasikan sasaran
2.       Komunikasikan sasaran pada anggota organisasi
3.       Memonitor kinerja yang berhubungan dengan sasaran
4.       Bertindak apabila tidak ada kesesuaian antara kenyataan dengan target
Pengendalian proses atau pengendalian operasi adalah aktivitas penilaian masing-masing unit dalam rantai nilai untuk memenuhi kebutuhan konsumen target .


Tujuan Pembelajaran 3


 




Pengukuran Kinerja dan Akuntansi Manajemen

Pengukuran kinerja merupakan aktivitas akuntansi manajemen dan aktivitas pengendalian yang utama. Pengukuran kinerja perlu dilakukan untuk mengukur sejauh mana keberhasilan unit bisnis. Sistem pengukuran kinerja operasional yang efektif mencakup:
1.       Perspektif konsumen terhadap organisasi dan aktivitas perusahaan
2.       Evaluasi masing-masing aktivitas dengan menggunakan pengukuran kinerja Customer-validated. Customer-validated merupakan ukuran yang biasanya digunakan untuk mengukur kinerja masing-masing aktivitas  yang mencerminkan bagaimana aktivitas atau nilai yang diterima konsumen.
Perlu perhatikan juga berkaitan dengan input, output dan outcome
3.       Mempertimbangan seluruh kinerja aktivitas yang mempengaruhi konsumen
4.       Memberikan umpan balik untuk membantu anggota organisasi mengidentifikasi masalah dan kesempatan untuk memperbaiki

What the customer want?
What the customer is promised?
What the customer is given?
The service gap
The quality gap
 









Untuk mengukur kinerja, standar aktivitas harus dibuat terlebih dahulu

Target Kinerja

Organisasi mengembangkan target kinerja berbeda-beda.
*        Estimated potential                                                * Continuous Improvement
*        Improving past performance                              * Benchmarking

                                                                                                                                 

Tujuan Pembelajaran 4


 



Penurunan Kos pada Organisasi yang Berbasis Aktivitas
Kos sebagai sebuah ukuran kinerja proses
1.       Memahami penyebab kos
2.       Peranan informasi kosting

Mengidentifikasi dan mengembangkan kegunaan informasi aktivitas

1.       Bagaimana aktivitas menciptakan kos?
2.       Aktivitas yang Efisien dan aktivitas yang tidak efisien
3.       Analisis Aktivitas
Analisis aktivitas mencakup lima tahap yaitu:
*        Mengidentifikasi sasaran proses
*        Chart, merekam (mencatat) aktivitas dari awal hingga akhir
*        Mengklasifikasi aktifitas
*        Perbaikan yang terus-menerus
*        Bila mungkin mengurangi aktivitas




















 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes